Panenjoan " Geopark Ciletuh"

Waktu dua minggu yang lalu berangkat ke Ujung Genteng. Dari Jakarta kalau diukur dengan waktu berkisar satu setengah jam lagi menuju Pantai Ujung Genteng, kami membelokkan arah kawasan Geopark Ciletuh. Sayang rasanya melewatkan fenomena alam nan cantik dan megah yang merupakan karya agung Sang Maha Kuasa.

Panenjoan sendiri merupakan gerbang awal memasuki kawasan "Geopark Ciletuh". Sebuah Amphitheater dengan pemandangan tebing terjal, hutan yang menghijau, lembah yang menghampar, yang berujung pantai selatan Jawa Barat. Dipadukan dengan spot-spot cantik untuk fotografi menambah cantik area ini.

Kami hanya berniat mampir sebentar di kawasan ini, sekedar mengistirahatkan rasa letih selama 5 jam perjalanan darat dengan mobil dari Jakarta. Jadi tidak melanjutkan petualangan ke kawasan Geopark yang kami lihat dari Panenjoan. Tapi untuk yang khusus ingin berwisata alam ke wilayah ini, bisa melihat curug (air terjun), cagar alam, dan juga pantai. Tentu memakan waktu seharian. Tapi jangan khawatir karena pengelola Panenjoan ini menyediakan tempat bermalam sederhana dengan tarif 250 ribu sampai 300 ribu /kamar/malam. Meskipun dalam jumlah yang terbatas.

Bagi yang hanya punya waktu sebentar seperti kami, disediakan video dokumenter yang berisi tentang objek wisata apa saja yang bisa dilihat di Geopark. Jadi meskipun tidak melihat langsung, masih bisa tahu kawasan ini berisi "miracle of life".

Jadi, buat yang teman-teman yang menyukai petualangan di alam bebas, kawasan ini oke juga dijadikan tempat untuk melepas penat bersama teman-teman ataupun keluarga.

Ada ini lho...

Salah satu spot pengambilan foto dengan latar belakang
Pantai Selatan Pulau Jawa

Pancuran Pandawa
dengan latar belakang pegunungan dan lembah yang menghijau 

Yudhistira

Bima

Arjuna
Nakula


Sadewa



Komentar

Postingan populer dari blog ini

The Miracle of North Maluku Sea

Sky World Taman Among Putro @ TMII

Mie Goreng Sambal Matah Kasih Sayang