Tentang Rezeki

Mendapat rezeki berupa ilmu itu bahagia sekali. Seperti kejadian beberapa hari yang lalu, alhamdulillah bersyukur mendapatkan  ilmu yang bisa di share. Karena sesuatu dan lain hal yang boleh dibilang kesalahpahaman akhirnya sempat datang ke ta'lim  mendengarkan Taushiyah dari ustadzah kesayangan Iin Abdullah. Meski terlambat, tapi senang masih bisa mendengarkan penjelasan tentang 5 tingkatan rezeki.

Yang pertama rezeki yang Allah berikan kepada semua makhluk hidup. Rezeki yang diberikan Allah tanpa perlu dicari.

Yang kedua rezeki yang Allah berikan kepada makhluk yang yang berikhtiar/usaha. Sebut saja singa yang hanya duduk-duduk saja akan berbeda nasibnya dengan singa yang berburu makanan.

Ketiga rezeki yang Allah berikan kepada manusia yang bersyukur. Seperti yang dijanjikan Allah dalam Qalam-Nya di Surat Ibrahim ayat 7. "Ingatlah, ketika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambah nikmat kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari nikmat-Ku, pasti azab-Ku sangat pedih.

Keempat rezeki yang Allah berikan  kepada manusia yang istighfar (QS. 71 : 10-12). " Aku berkata (kepada mereka), Mohonlah ampunan kepada Tuhanmu. Sungguh Allah Maha Pengampun. Pasti Allah menurunkan hujan lebat dan langit kepadamu. Allah juga akan memperbanyak harta dan anak-anakmu, dan menciptakan sungai- sungai untukmu.

5 . Rezeki yang Allah berikan atas ketaqwaan kepada Allah (65:3)
"Dan Allah akan memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka. Siapa pun yang bertawakkal kepada Allah, pasti Allah akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya, Allah telah menetapkan ukuran untuk setiap sesuatu.

Semoga dipantaskan oleh Allah untuk bisa memperoleh rezeki yang bisa bermanfaat dunia akhirat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sky World Taman Among Putro @ TMII

Mie Goreng Sambal Matah Kasih Sayang

The Miracle of North Maluku Sea