Musium Textil : Workshop Sarung Bantal Quilting

Terletak di dekat pusat perbelanjaan Tanah Abang, tempat yang baru 3 kali selama puluhan tahun tinggal di Jakarta. Jadilah sehari sebelum hari-H berusaha menyusuri Google Map dengan tujuan Museum Textile.


Flashback seminggu yang lalu ketika mendapatkan email konfirmasi dari "Kriya Indonesia" bukan main senangnya. Bersyukur masih mendapatkan kesempatan belajar teknik menjahit Quilting bersama teman-teman blogger.

Sedang belajar on time, alhamdulillah bisa berangkat dari rumah sesuai jadwal jam 7 pagi. Walaupun, rangkaian acara ini dimulai pada pukul 08.30. Karena ada beberapa jalan menuju lokasi workshop yang belum familiar, aku memutuskan datang lebih Awal. Dan ternyata teman-teman panitia juga sudah menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Bahkan Pendaftaran peserta tepat dimulai pukul 8.30 sesuai yang tertera di jadwal. Kalau begini ingat pengalaman on time di Jepang.

Pendaftaran Ulang yang on time

Even Quilt workshop kali ini di sponsori oleh Mesin Jahit Brother Indonesia. Brother sendiri merupakan produsen mesin-mesin yang berasal  Jepang. Selain mesin jahit produk-produk brother adalah mesin fax, printer yang kebanyakan adalah alat-alat yang dipergunakan di kantor. Begitu penjelasan Mba Maya dari Brother Indonesia. 

Untuk mesin jahit sendiri terdapat berbagai tipe. Dan mesin jahit yang kami gunakan saat workshop ini adalah mesin jahit dengan tipe GS2500 produknya bisa dilihat di bawah yaa...
Mesin jahit tipe GS2500 ini memiliki 25 tipe jahitan, mudah digunakan, dan juga ringan hingga lebih flexibel dibawa kemana-mana. 

Untuk aku yang belum pernah mencoba menggunakan mesin jahit sama sekali, bisa mencoba mesin jahit dan menghasilkan produk dengan rapi adalah sebuah prestasi. Dari mulai pemasangan benang, memasukkan benang ke dalam jarum menggunakan mekanik.  Jadi ga perlu lagi repot memasukkan benang ke dalam jarum, apalagi sampai di jilat-jilat dulu. Hehee... 

Sarapan sebelum bekerja

Ada bonus DVD- tutorial pemakaian
Penampakan Mesin Jahit Brother Cantiik kaan


Untuk produk mesin jahit, brother memberikan garansi 3 tahun. Waktu yang lama untuk produk mesin kan? Kalau kata Mba Maya itu karena sampai saat ini brother hampir tidak memiliki keluhan pelanggan berupa kerusakan mesin. 

Untuk bahan quilting sendiri, dari prnjelasan Mba Astri salah satu founder Kriya Sndonesia menggunakan bahan katun polos dan motif. Dengan dilapisi bahan tricod dibagian dalam. Untuk karakteristik bahan tricod sendiri, dia memiliki 2 permukaan halus dan kasar. Nah, pemakaian bahan tricod sendiri adalah dengan cara disetrika secara perlahan. Pada saat meletakkan bahan tricod ini, diharapkan kita berhati hati dan memastikan permukaan yang di bagian dalam adalah yang kasar agar bisa menempel dengan sempurna. 


Bahan Katun dan Tricod

Even workshop seperti ini, selain sangat bermanfaat untuk menambah ilmu, juga kesempatan baik untuk bertemu dan menjalin pertemanan dengan orang-orang baik yang ada di sekeliling kita. Di workshop kali ini, selain para panitia yang sudah familiar wajahnya, aku bertemu dengan sahabat baru bernama Ratih, yang banyak sekali membantu, membimbing dengan sabar bagaimana menggunakan mesin jahit secara benar. 



Yang aku ingat adalah saat ingin menjahit, dia langsung bilang mba pernah nyetir mobil kan? Seperti menginjak gas mba. Pasti bisa. Suasana hati yang nggak karuan pun hilang saat itu. Makasih Mba Ratih atas sharingnya. Semoga persahabatan kita berlanjut terus yaa. 


Workshop ini ditutup dengan makan siang kali ini menunya lontong pecel yang maknyuus. Dilanjutkan dengan foto bersama yang nggak kalah serunya. 


Terimakasih Kriya Indonesia
Terimakasih Brother Indonesia
Terimakasih rekan-rekan blogger. 
Untuk hari yang tidak terlupakan. 




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sky World Taman Among Putro @ TMII

Mie Goreng Sambal Matah Kasih Sayang

The Miracle of North Maluku Sea